Minggu, 28 September 2008

Kekecewaanku

Menyusul hasil China Masters SS, perasaanku tepat seperti judul di atas. KECEWA !!! Sering masuk final, jarang jadi juara(Nova/Liliyana). Itu karena saya fans-nya. Ini daftar turnamen yang mereka ikuti sejak tahun 2008 sampai sekarang, dan hasilnya.
1. Proton Malaysia Open SS = Perempat final (Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung)
2. Yonex Korea SS = Babak pertama (Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung)
3. Yonex All England SS = Runner-up (Zheng Bo/Gao Ling)
4. Wilson Swiss Open SS = Semifinal (Anthony Clark/Donna Kellogg)
5. Kejuaraan Asia = Runner-up (Flandy Limpele/Vita Marissa)
6. Singapore SS = Juara (Anthony Clark/Donna Kellogg)
7. Djarum Indonesia Open SS = Semifinal (Thomas Laybourn/Kamilla Rytter Juhl)
8. Olimpiade Beijing = Runner-up (Lee Yong Dae/Lee Hyo Jung, lagi....)
9. Yonex Japan SS = Runner-up (Muhammad Rijal/Vita Marissa)
10. China Masters SS = Runner-up (Xie Zhongbo/Zhang Yawen)
Catatan :
*SS = Super Series
**Nama yang di dalam kurung adalah yang dikalahkan atau yang mengalahkan, tergantung konteksnya.
Kesimpulan hasil di atas, dari 6 final, hanya 1 yang berhasil dimenangkan. Siapa yang nggak kecewa? Apalagi saya fans-nya. Tapi, sudahlah. Yang lalu biarlah berlalu. Sesungguhnya, Dia akan membuat segala sesuatunya baru. Semangat baru, kemampuan baru, dll. Untuk segala sesuatu ada waktunya. Ada waktu untuk menang, ada waktu untuk kalah. Ada waktu untuk berhasil, ada waktu untuk gagal. Tuhan menjadikan segala sesuatu indah pada waktunya, bila sesuai rencana-Nya. Tapi, jika kita percaya sungguh-sungguh kepada Tuhan, apapun bisa terjadi. Serahkan semua kepada-Nya, dan Dia akan memberikan yang terbaik.(dikutip dari ayat2 Alkitab dengan sedikit penambahan)
Harapan saya, mereka bisa meraih gelar All England tahun depan, setelah 30 tahun Indonesia nggak raih gelar All England dari ganda campuran, dan meraih gelar lain sebanyak-banyaknya, termasuk Asian Games.
Dari hasil-hasil yang ada, ternyata dalam olahraga, yang dibutuhkan bukan hanya konsistensi(untuk bermain bagus). Tapi, ada berberapa hal lain, di antaranya :
1. Keberuntungan
Kalo lagi beruntung, meskipun lawannya susah, kemungkinan bisa menang.
2. Fisik
Balik lagi ke masalah fisik. Kalo fisik kurang bagus, sulit menang. Saya pikir, mungkin Nova/Liliyana kalah juga karena fisiknya drop. Penjelasannya bisa dilihat di postingan "Yonex Japan Open SS 2008"(alinea ke-3). Apalagi, Xie/Zhang nggak ikut Olimpiade dan Japan SS.
3. Ketenangan
Seorang pemain harus bisa tetap tenang, meskipun sedang tertekan, atau sedang unggul.
4. Pola permainan lawan
Jika seseorang/sepasang pemain terbawa permainan lawannya, maka akan sulit menang, karena dia/mereka didikte oleh lawannya.
5. Kecocokan pola permainan
Seseorang/pasangan yang nggak cocok dengan pola permainan lawannya, akan sulit menang, karena akan berada di bawah tekanan.
Segitu aja dulu. Kalo ada yang mau nambahin atau perbaiki, silahkan saja. Saya akan menerima dengan tulus.

Tidak ada komentar: