Rabu, 17 September 2008

Cintai Indonesia !

Neg'ri kita tercinta, Indonesia, memiliki cukup banyak masalah, seperti korupsi, kemiskinan di mana-mana, pengangguran, tawuran antar-pelajar, dsb. Selain itu, Indonesia juga kurang pandai dalam mengolah sumber daya alam yang sangat melimpah itu, sehingga harus diekspor ke luar neg'ri agar bisa diolah menjadi barang siap pakai. Jadi, kalau misalnya ada yang merasa bangga karena punya barang dari luar neg'ri, seperti Singapura, mungkin saja barang itu bahannya dari Indonesia, dan berarti 50% barang itu hasil Indonesia. Orang Indonesia secara nggak sadar maupun sadar, sering ngeremehin Indonesia. Misalnya,"Ah, orang Indonesia mana bisa", atau "Indonesia 'kan payah". Ini sama saja dengan meremehkan Indonesia. Yang lebih aneh lagi, kenapa orang Indonesia justru menjelek-jelekkan negaranya sendiri, dan terkesan lebih menyukai negara lain. Kalo sudah gini, maaf saja, ya, mendingan gak usah tinggal di Indonesia. Coba pikir, kenapa kita bisa dilahirkan atau tinggal di Indonesia ? Kenapa kita harus ada di Indonesia, bukan negara lain ? Ada maksud Tuhan menempatkan kita di Indonesia. Sebagai generasi muda(khususnya), kita harusnya berusaha membuat Indonesia menjadi negara yang berkembang, bukannya malah menjelek-jelekkan Indonesia. Kemerdekaan yang sudah susah payah diperjuangkan, harus kita buat semakin bermakna dengan membuat Indonesia bukan hanya merdeka dari penjajahan, tapi juga merdeka dari semua masalah yang ada. Jangan malah tambah merendahkan Indonesia. Mungkin saat ini Indonesia belum menjadi negara maju. Mungkin saat ini Indonesia belum seperti negara-negara tetangganya. Mungkin saat ini Indonesia belum merdeka dari masalah-masalahnya. Mungkin saat ini Indonesia belum bisa membuat banyak rakyatnya bangga dengan yang dimilikinya.
Siapa lagi yang bisa bangga dengan Indonesia terlebih dahulu, selain rakyatnya sendiri ? Mulai sekarang, cintai Indonesia, dan jangan menjelekkan apa pun yang ada di Indonesia. Lagian, Indonesia juga memiliki banyak prestasi, khususnya di bidang bulutangkis. Saat ini, mungkin Indonesia belum berkembang. Tapi, siapa yang bisa mengetahui hal apa yang akan terjadi beberapa tahun lagi ? Bisa saja 10 tahun lagi Indonesia menjadi negara termaju di Asia. Semua bisa terjadi, asal Indonesia dan rakyatnya mau terus berusaha untuk hal ini.
Gimana caranya? Berikut cara mudahnya.
1. Mulai dari hal keci dulu. Jangan mengotori lingkungan di sekitarmu. Kalo kamu mengotorinya, sama saja mengotori lingkungan Indonesia.
2. Saat upacara bendera, usahakan mengikuti upacara dengan baik dan sopan. Dan kalo bendera dikibarkan, hormat dengan sungguh-sungguh.
3. Cintai produk dalam negeri, dan hargai karya bangsa sendiri.

Tidak ada komentar: