Kamis, 12 Februari 2009

Apakah Bulutangkis Indonesia Masih Bisa Menjadi yang Terbaik

Akhir-akhir ini, prestasi bulutangkis Indonesia tidak secemerlang pada zamannya Tan Joe Hoek, Rudy Hartono, Liem Swie King, Ivanna Lie, sampai Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti. Meskipun, masih ada atlet kita yang prestasinya bagus, seperti ganda putra Markis Kido/Hendra Setiawan dan ganda campuran Nova Widhianto/Lilyana Natsir. Saat ini, bisa dibilang China-lah yang paling menguasai dunia bulutangkis. Banyak pemain China yang menghuni peringkat papan atas dunia. Inilah bukti bahwa mereka sekarang yang terbaik untuk bulutangkis. Beberapa negara yang juga hebat bulutangkisnya adalah Korea Selatan, Jepang, Malaysia, Denmark, dan Inggris.
Prestasi yang mulai merosot ini jelas ada buktinya. Dulu, kekuatan semua cabang bulutangkis Indonesia bisa dibilang merata. Sekarang, mungkin tinggal ganda putra dan ganda campuran yang masih bertahan. Sisanya, apalagi tunggal putri, sudah jauh menurun. Pertanyaannya, apakah Indonesia masih bisa menjadi yang terbaik di dunia bulutangkis? Jika ditanya bisa atau tidaknya, pasti bisa. Yang menjadi masalah, seringkali kita tidak mau berusaha untuk mewujudkannya. Mengapa saya katakan pasti bisa? Sebab segala sesuatu yang ada di dunia ini membentuk suatu siklus yang selalu berputar. Namun, harus diimbangi juga dengan usaha dan pelengkap lainnya. Misalnya, dalam kehidupan kita, manusia, hewan, tumbuhan, dan lingkungan saling berikatan. Jika salah satunya tidak ada atau hilang, maka hal itu akan merusak yang lainnya secara perlahan-lahan. Jadi, segala sesuatu itu berputar dan saling berikatan.
Kalau kita mau berhasil, tidak boleh ada kalimat "Saya tidak bisa" dalam pikiran kita. Kita harus yakin bahwa kita bisa. Setelah itu, baru kita lakukan usaha-usaha untuk mewujudkan keinginan kita itu. Yah, berhasil atau tidaknya itu tergantung dari keseriusan kita menekuninya dan bakat yang kita miliki. Yang paling penting, tentu saja berdoa kepada Tuhan. Begitu pula untuk bulutangkis Indonesia. Jika sudah dilakukan, kemungkinan besar akan berhasil. Jadi, jangan pernah berhenti untuk berusaha dan mencoba!

Tidak ada komentar: