Rabu, 27 Agustus 2008

Pahlawan Masa Kini

Puluhan, bahkan ratusan tahun yang lalu, para pejuang bangsa berusaha mengusir para penjajah dari tanah air tercinta, Indonesia. Mulai dari menggunakan peralatan perang sederhana, sampai ketika bangsa Indonesia sadar bahwa alat perangnya jelas kalah dari para penjajah, dan mereka mulai menggunakan strategi, atau perundingan. Akhirnya, setelah melalui waktu sekian lama, dan setelah didesak oleh kaum muda, 17 Agustus 1945, Indonesia menyatakan kemerdekaannya dari jajahan bangsa asing melalui Bung Karno dan Bung Hatta atas nama Bangsa Indonesia.
Sekarang, keadaan bangsa kita boleh dibilang terpuruk. Kemiskinan di mana-mana, pengangguran, atau bencana alam. Dan yang paling memprihatinkan adalah korupsi yang terus merajalela. Di tengah keterpurukan bangsa ini, sepertinya hanya beberapa perlombaan/olimpiade mata pelajaran seperti Sains dan Matematika, serta dunia olahraga yang bisa membangun kembali citra Indonesia di mata bangsa lain. Di bidang olahraga, khusunya bulutangkis dan angkat besi, atlet Indonesia telah berjuang untuk mengharumkan nama bangsa. Dan seperti yang telah kita ketahui, kedua cabang olahraga ini menyumbangkan medali pada Olimpiade Beijing yang lalu. Di bulutangkis sendiri, atlet Indonesia selalu berhasil membawa pulang minimal 1 medali emas bagi Indonesia sejak tahun 1992. Selain itu, pemain bulutangkis Indonesia banyak yang menjadi juara dunia. Sebagai contoh, Nova Widianto/Lilyana Natsir (2 kali, 2005 & 2007), Taufik Hidayat(2005), dan Markis Kido/Hendra Setiawan(2007). Mereka-mereka inilah(para atlet) yang telah berusaha mengharumkan nama bangsa dan mengembalikan citra bangsa yang sudah ternoda dengan kasus-kasus yang memprihatinkan.
Dalam kondisi seperti ini, mereka bisa kita sebut dengan "Pahlawan Masa Kini" yang berjuang melawan para "penjajah", yaitu segala anggapan buruk bangsa lain terhadap bangsa Indonesia dengan keterpurukan ini melalui prestasi mereka yang tak terbantahkan lagi. Karena itu, sudah sepantasnya kita sebagai masyarakat Indonesia menghargai dan memberi apresiasi khusus bagi mereka yang telah mengharumkan nama Indonesia. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Bukan hanya pahlawan pada masa kemerdekaan(tapi harus tetap kita hargai), pahlawan masa kini juga harus kita hargai.
Memaknai 100 tahun Kebangkitan Nasional, dan 63 tahun Kemerdekaan Indonesia, mari kita menjadi bangsa yang besar, yang menghargai jasa-jasa pahlawannya. Baik yang masa lalu, maupun masa kini. Indonesia, BISA !!

Tidak ada komentar: